Mau Beli Pendingin Ruangan? Ini Perbandingan Memilih Air Cooler atau Air Conditioner

Mungkin Anda hanya mengenal Air Conditioner dan belum pernah mendengar tentang apa itu Air Cooler. Padahal saat ini Air Cooler sedang menjamur di kalangan masyarakat karena pemakaian daya listriknya yang terbukti lebih irit daripada Air Conditioner.
Air Cooler memang sekilas mirip dengan Air Conditioner apalagi karena memiliki fungsi yang sama yaitu mendinginkan suhu ruangan. Sehingga membuat kebanyakan orang berfikir bahwa alat tersebut merupakan AC mini portabel. Penamaan itu bukanlah tanpa sebab. Kepopuleran AC sebagai pendingin ruangan membuat banyak orang menganggap bahwa air cooler sama dengan air conditioner. Padahal Alat tersebut berbeda jauh dengan Air Conditioner.
Pengertian Air Cooler
Air Cooler merupakan alat yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan dengan pemakaian daya listrik yang relatif rendah. Perangkat yang satu ini hanya memakai daya listrik antara 60 Watt hingga 100 Watt ketika sedang dinyalakan.
Prinsip Kerja Air Cooler
Air Cooler memiliki prinsip kerja mirip dengan kipas angin, tetapi terdapat beberapa perbedaan. Jika kipas angin cuma bekerja dengan menghasilkan hembusan angin ke seluruh ruangan secara merata, maka Air Cooler bekerja dengan mengombinasikan hembusan angin dengan media lain berupa air dingin, air es, atau ice pack.
Hal inilah yang menjadikan Air Cooler lebih terasa dingin ketimbang kipas angin. Peranti pendingin udara ini mampu untuk memberikan kesejukan pada ruangan dengan menurunkan temperatur sekira 3 – 5°C.

Air Cooler bekerja untuk menyejukkan dan bukan untuk mendinginkan seperti halnya AC. Jadi, saat Air Cooler dihidupkan, air dari bak (tangki) akan disemprotkan bersamaan dengan hembusan angin yang berasal dari kipas yang terdapat di perangkat ini. Dengan demikian, udara yang dihasilkan akan terasa sejuk.
Beberapa pengguna Air Cooler menambahkan es atau ice pack pada tangkinya supaya semakin terasa kesejukannya. Ini membuat Air Cooler cocok dan terasa cukup nyaman ketika digunakan pada waktu cuaca sedang panas.
Pertimbangan Antara Memilih Air Cooler dan Air Conditioner

Jika anda masih bingung dalam memilih produk manakah yang akan Anda beli diantara Air Cooler dan Air Conditioner, simak artikel berikut:
1.    Pertimbangan Pertama
Hal yang pertama adalah pertimbangan dari segi biaya saat membeli, harga air cooler tentu lebih murah dibandingkan AC, dan selain itu juga dari segi perawatan air cooler lebih irit karena anda pun bisa membersihkannya sendiri di rumah.
Hanya dengan lap basah dan sikat anda bisa membersihkan terutama daerah saringan anginnya. namun memang alat ini harus sering dibersihkan karena jika tidak akan beresiko bau dan juga bisa ditumbuhi jamur.
Daya listrik yang dipakai Air Cooler tentu juga lebih kecil jika dibandingkan dengan pemakaian daya Air Conditioner yang dapat mencapai 300 Watt untuk kapasitas ½ PK. Tagihan listrik menjadi lebih ringan dengan konsumsi daya listrik yang rendah tersebut.

2.    Pertimbangan Kedua
Pertimbangan kedua adalah dari segi efektifitas, untuk  AC memang bisa menjangkau ruangan yang luas. Walaupun secara daya listrik membutuhkan lebih besar, misalkan AC yang 1/2 pk saja sudah membutuhkan kurang lebih 300 watt, maka air cooler hanya membutuhkan daya sekitar 70 s.d 80 Watt.
Dalam hal ini air cooler masih unggul. Namun kekurangannya adalah anda harus repot memasukkan air es jika anda menginginkan kndisi ruangan menjadi lebih dingin, dan itupun terbatas untuk ruangan yang kecil saja.

3.    Pertimbangan ketiga
Pertimbangan ketiga adalah ditilik dari segi kesehatan, sebaiknya jika diguanakan dalam jangka waktu yang lama air coler memang sebaiknya dihindari karena akan membuat ruangan menjadi lembab, apalagi anda juga tinggal di daerah lembab, maka pertimbangan untuk menggunakan AC lebih disarankan untuk menjaga kesehatan anda dan ruangan anda agar tidak ditumbuhi jamur dan kuman.

Itu tadi artikel tentang perbandingan pilihan apakah anda ingin  membeli Air Cooler ataupun Air Conditioner. Semoga Bermanfaat.
Mau Beli Pendingin Ruangan? Ini Perbandingan Memilih Air Cooler atau Air Conditioner Mau Beli Pendingin Ruangan? Ini Perbandingan Memilih Air Cooler atau Air Conditioner Reviewed by pulpen cinta on 03.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.