Bakpia Jogja, Jajanan Khas yang Istimewa

salah satu bakpia yang dijual di blibli.com
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang memang memiliki sejuta keistimewaan. Bukan hanya budayanya yang istimewa, melainkan berbagai kuliner yang terdapat di Yogyakarta pun juga sangat mantab deh. Ada apa sih? Iya kalau soal kuliner, jogja memiliki banyak sekali kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Selain kuliner gudeg yang cukup terkenal di Yogya, ternyata juga ada satu jajanan yang tidak kalah populer yaitu bakpia jogja.

Iya bakpia jogja juga merupakan salah satu kuliner yang memiliki rasa yang istimewa. Sebenarnya bakpia sendiri merupakan kue yang dibuat dari campuran kacang hijau dan gula yang kemudian dibalut dengan kulit yang dibuat dari tepung yang dipanggang. Nah konon ceritanya nih, bakpia ini dulu sebenarnya berasal dari Cina yang bernama Tou Luk Pia atau artinya adalah kue pia kacang hijau. 

Namun ketika diperkenalkan di Jogja, maka sejak sekitar tahun 1948 kue yang satu ini sudah mulai diproduksi di kampung pathuk sehingga juga sering disebut dengan bakpia pathuk. Pada awalnya sih bakpia dipasarkan dengan dikemas menggunakan besek, namun seiring berkembangan waktu mulai tahun 1980 pun mulai tampil bakpia dengan kemasan-kemasan baru yang diberi merk sesuai dengan penjualnya. Dan hingga kini pun bakpia jogja menjadi salah satu jajanan yang cukup populer di Jogja. Nah bagi Anda yang ingin membeli bakpia jogja, berikut beberapa tempat yang bisa Anda datangi untuk mendapatkan bakpia dengan rasa yang super lezat.

1.    Bakpia citra premium
Bakpia citra premium merupakan bakpia yang hadir dengan menawarkan bakpia jogja dengan tekstur yang renyah dan memiliki beberapa varian rasa dalam satu wadah. Bakpia citra menawarkan berbagai varian rasa mulai dari rasa kacang hijau, rasa original, rasa kumbu hitam, rasa susu, hingga rasa durian. Disini Anda bisa membeli satu kotak bakpia yang di dalamnya terdiri dari 4 varian rasa. Ukuran bakpia yang ditawarkan pun juga lebih besar dan pastinya mantab deh. Untuk alamatnya yaitu terletak di Jl Pandean 2 , Gang Legi No 2o, Condongcatur, Yogyakarta.
2.    Bakpia patuk 75
Kalau tempat yang satu ini merupakan tempat yang cukup legend nih gaes. Iya bakpia patuk sendiri  didirikan sejak tahun 1948oleh Yung Yen. Adapun nama bakpia 75 sendiri diambil dari nomor rumah yang terletak di daerah Pathuk. Bakpia yang satu ini memiliki ciri khas yakni dengan cara memasaknya yang masih tradisional. Bakpia patuk 75 ini memiliki keunggulan yaitu bisa bertahan cukup lama untuk ukuran bakpia basah yakni bisa bertahan sampai dengan 2 minggu jika disimpan dalam kulkas. Dan untuk bakpia kering bisa bertahan hingga 1 bulan. Terdapat varian rasa yakni rasa coklat, buah, rasa cappucino, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin mencicipi bakpia patuk 75, Anda dapat datang ke Jl KS Tubun no.75 Yogyakarta
3.    Bakpia 145
Bakpia 145 juga merupakan salah satu bakpia yang cukup legend sama halnya dengan bakpia patuk 75. Yang menjadi cirikhas dari bakpia ini adalah produk bakpia yang tradisional. Nah bagi Anda nih yang ingin mencicipi bakpia tradisional khas dari bakpia 145, maka Anda bisa datang ke Jl Gambiran, no.67A, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.
Nah itu dia beberapa tempat yang bisa Anda kunjung untuk mendapatkan bakpia jogja dengan rasa yang super lezat. Iya selain ketiga tempat tersebut, tentunya masih banyak lagi tempat-tempat yang menawarkan bakpia jogja dengan kualitas yang tak kalah deh. 

Bakpia Jogja, Jajanan Khas yang Istimewa Bakpia Jogja, Jajanan Khas yang Istimewa Reviewed by pulpen cinta on 04.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.